Monday, October 19, 2015

Budidaya Tanaman Blewah

 Budidaya tanaman blewah

Buah blewah yang sudah tidak asing bagi kita, dengan harum wangi yang semerbak .
Sering kali kita mengkonsumsi buah blewah yang diolah menjadi Es yang rasanya sangat segar, cocok ketika cuaca panas, kemudian dapat juga dikonsumsi langsung biasanya dipotong – potong lalu ditaburi gula pasir. Buah blewah dapat diperoleh di pasar maupun di took buah dengan harga yang terjangkau.
Kali ini saya sedikit berbagi pengalaman membudidayakan tanaman blewah secara sederhana dan mudah .Langkah awalnya yaitu.
  • Untuk menanam blewah pastinya kita membutuhkan sebuah bibit, bibit biasanya bias diperoleh dari membeli kepada pedagang, namun untuk menghemat kita hanya memakai biji blewah saja, usahakan biji dari buah blewah yang tua. Jadi kita hanya membeli satu buah blewah saja nantinya akan terbentuk puluhan bibit yang bias kita tanam.
  • Kemudian tinggal kita sediankan lahan atau tempat untuk menanam biji blewah, bias berupa pot maupun lahan biasa seperti halaman rumah. Usahakan kondisi lahan langsung terkena sinar matahari untuk membantu proses pertumbuhan agar lebih cepat.
  • Setelah biji ditanam biarkan hingga satuminggu, selama proses penanaman biji usahakan tanah tetap basah atau lembab.
  • Setelah kurang atau lebih dari satu minggu akan muncul tunas kehidupan pada biji tersebut. Hingga beberapa minggu kemudian tanaman mulai tumbuh lebih besar.

  • Lambat laun muncul bunga yang kemudian akan menjadi buah. Untuk hasil buah yang maksimal memang harus diberi pupuk yang dapat merangsang tanaman untuk berbuah lebih cepat dan banyak, namun tidak masalah walaupun tidak diberi pupuk tanaman akan tetap berbuah tetapi tidak semaksimal ketika dipupuk. Kita tinggal menunggu saja hasilnya.





Begitulah pengalamana yang pernah saya lakukan, tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi kita bias menikmati segarnya buah blewah hasil budidaya sendiri, walaupun hasilnya tidak sebanyak petani seperti biasanya, setidaknya lumayan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang membaca, terimakasih telah berkunjung dan semoga berkenan berkunjung pada artikel yang lain.

0 comments:

Post a Comment

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Powered by Blogger.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *