Monday, October 19, 2015

Pupuk Alami Dari Kulit Jagung

Pupuk alami dari kulit jagung




Alhamdulillah dapat bejumpa lagi, pada artikel ini saya ingin sedikit berbagi tentang memanfaatkan kulit jagung sebagai pupuk. Sering kita ketahui bahwa tagung merupakan tanaman yang banyak mengandung karbohidrat. Di Indonesia sendiri jagung sudah dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak dan juga dikonsumsi atau diolah menjadi lauk.
Cara membudidayakannya tidak sulit, cukup mudah dan proses pertumbuhannya cukup cepat. Biasanya jagung dipanen ketika masih muda dan ketika sudah tua. Kebanyakan jangung yang dipanen pada usia tua semua daun bahkan kulit jagung sudah menjadi coklat, ketika memanen jagung yang tua kulit jagung dibiarkan begitu saja, sebenarnya dapat bermanfaat sebagai pupuk ketika akan menanam jagung kembali. 

Berikut saya sedikit paparkan caranya.
·         Kumpulkan kulit jagung yang sudah berwarna coklat yang baru selesai di panen.
·         Kemudian letakkan kulit jagung tersebut diatas tanah, lalu dibakar hingga menjadi abu berwarna hitam.
·         Kumpulkan abu terserut, lalu masukkan ke dalam timba.
·         Lalu campur hingga mearata, jangan sampai terlalu banyak air atau encer pastikan masih kental.
·         Lalu tinggal taruh dibagian bawah pohon jagung yang baru ditanam, yang kira-kira tingginya masih 20 cm dari permukaan tanah, tebarkan di sekeliling batang yang dekat dengan tanah.

Memang tidak semujarab pupuk kimia, namun cukup membantu untuk pertumbuhan jagung, semoga bermanfaat bagi yang membaca, terima kasih telah berkunjung.

Selamat beraktifitan dan sampai bertemu pada artikel berikutnya.

0 comments:

Post a Comment

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Powered by Blogger.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *