Monday, October 19, 2015

Lampiran Pada Surat Lamaran Kerja

Lampiran pada surat lamaran pekerjaan



Pada artikel kali ini saya ingin membahas mengenai isi apa saja yang biasanya dilampirkan saat melamar pekerjaan. Pengalaman saya sendiri sudah banyak melamar pekerjaan di perusahaan manapun, dengan isi amplop yang berbeda-beda tentunya. Mengapa demikian karena posisi yang saya lamar berragam dan pastinya kita juga harus menyesuaikan isi amplop dengan syarat dari masing-masing perusahaan.
Saya akan berbagi sedikit pengalaman saya, tentang surat lamaran pekerjaan yang biasa saya ajukan pada perusahaan, kurang lebih seperti berikut
·         Pertama pasti harus membuat sebuah lamaran kerja, lamaran kerja dapat ditulis tangan atau diketik sebenarnya tidak masalah, tinggal kita menyesuaikan ketentuan perusahaan.
·         Lampirkan pass foto diri terbaru, biasanya background merah dengan ukuran 4x6 atau 3x4, biasanya juga sesuai ketentuan.
·         Lampirkan identitas diri, yaitu foto copy KTP.
·         Lampirkan CV (Curriculum Vitae), yang berisikan biodata diri, riwayat pendidikan, keahlian diri, keaktifan organisasi, pengalaman kerja jika ada, kurang lebih spserti itu.
·         Lampirkan foto copy ijazah terakhir, biasanya perusahaan menginginkan foto copy yang sudah dilegalisir.
·         Lampirkan foto cppy transkip nilai, yang sudah dilegalisir juga.
·         Lampirkan foto copy SKCK(surat keterangan catatan kepolisian) yang sudah dilegalisir jika ada, karena  SKCK dapat meyakinkan perusahaan bahwa anda tidak pernah terjerat masalah pidana.
·         Lampirkan juga foto copy sertifikat-sertifikat pendukung, yang pasti sertifikat yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar.



Itulah tadi beberapa dokumen yang biasa saya lampirkan untuk melamar pekerjaan. Sebenarnya semua ketentuan apa yang harusnya dilampirkan sudah menjadi aturan di masing-masing perusahaan.

Mungkin itu sedikit informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat bagi yang membaca, terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Powered by Blogger.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *